Monday 22 July 2013

Sejarah Perkembangan Komputer






Sebelum tahun 1940
            Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan tersebut.
            Sejarah komputer menurut periodenya adalah :
  • Alat hitung tradisional dan kalkulator mekanik
  • Komputer generasi pertama
  • Komputer generasi kedua
  • Komputer generasi ketiga
  • Komputer generasi keempat
  • Komputer generasi kelima
            Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket, sentral telepon, dan jaringan komputer serta internet.
            Alat pengolah data sejak jaman purba sampai saat ini bisa kita golongkan ke dalam 4 golongan besar yaitu :
  1. Peralatan manual : yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana dengan menggunakan tenaga tangan manusia.
  2. Peralatan mekanik : yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual.
  3. Peralatan mekanik elektronik : yaitu peralatan mekanik yang digerakkan secara otomatis oleh motor elektronik.
  4. Peralatan elektronik : yaitu peralatan yang bekerja secara elektronik penuh.
Beberapa peralatan yang telah digunakan sebagai alat hitung sebelum ditemukannya komputer :
  • Abacus
Muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan dibeberapa tempat hingga saat ini, dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi. Cara perhitungannya menggunakan biji-bijian geser yang diatur pada sebuah rak. Seiring dengan munculnya pensil dan kertas, Abacus kehilangan popularitasnya.
  • Kalkulator roda numerik
·         Setelah hampir 12 abad, muncul penemuan lain yaitu pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662) yang saat itu berumur 18 tahun, menemukan Kalkulator roda numerik ( Numericall Wheel Calculator ) untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak. Contohnya kotak persegi kuningan yang bernama Pascaline, menggunakan 8 roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga 8 digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahannya adalah hanya terbatas untuk melakukan penjumlahan.
  • Kalkulator roda numerik 2
Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman Gottfred Wilhem Von Leibniz ( 1646-1716 ) memperbaiki pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan. Alat ini bekerja menggunakan roda bergerigi juga.
  • Kalkulator mekanik
Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan 4 fungsi aritmatik dasar yang disebut arithometer. Alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Dengan kemampuannya, arithometer banyak digunakan hingga masa perang dunia I.
Setelah tahun 1940
Perkembangan komputer setelah 1940 dibagi menjadi 5 generasi :
  1. Komputer generasi pertama ( 1940-1959 )
Menggunakan tabung vakum untuk memproses dan menyimpan data. Ia menjadi cepat panas dan mudah terbakar, karena itu beribu-ribu tabung vakum diperlukan untuk menjalankan operasi keseluruhan komputer. Selain itu juga memerlukan banyak tenaga elektrik yang menyebabkan gangguan elektrik di kawasan sekitarnya.
Ciri-cirinya :
    • Komponen yang dipergunakan adalah tabung hampa udara (Vacum Tube ) untuk sirkuitnya.
    • Program hanya dapat dibuat dengan bahasa mesin : Assembler.
    • Ukuran fisik komputer besar, memerlukan ruangan yang luas.
    • Cepat panas.
    • Proses kurang cepat
    • Kapasitas penyimpanan kecil
    • Memerlukan daya listrik yang besar
    • Orientasi pada apliasi bisnis
Beberapa jenis komputer generasi pertama :
·         ENIAC : dirancang oleh Dr john Mauchly dan Presper Eckert pada tahun 1946. Sudah mulai menyimpan data yang dikenal sebagai konsep penyimpanan data yang dikemukakan oleh John Von Neuman.
·         EDVAC Computer : Penggunaan tabung vakum juga telah dikurangi dimana proses perhitungan menjadi lebih cepat dibandingkan ENIAC.
·         EDSAC Computer : Memperkenalkan penggunaan raksa ( merkuri ) dalam tabung untuk menyimpan data.
·         UNIVAC 1 Computer : diciptakan tahun 1951 oleh Dr Mauchly dan Eckert yaitu komputer pertama yang digunakan untuk memproses data perdagangan.
  1. Komputer generasi kedua ( 1959-1964 )
Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer yang menggantikan tabung vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya ukuran mesin-mesin elektrik berkurang, lebih dapat diandalkan dan lebih hemat energi. Mesin pertama yang memanfaatkan tekhnologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch dan Sprery-rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani data dalam jumlah yang besar. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis sehingga membatasi kepopulerannya.
Pada awal 1960 an mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di Universitas dan di Pemerintahan. Contohnya, IBM 1401 yang diterima secara luas dikalangan industri.
Ciri-cirinya :
·         Sirkutinya berupa transistor
·         Programnya dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi seperti FORTRAN COBOL dan ALGOL
·         Kapasitas memori utama sudah cukup besar
·         Ukuran fisik komputer lebih kecil dibandingkan komputer generasi pertama
·         Proses operasi sudah cepat
·         Membutuhkan lebih sedikit daya listrik
·         Berorientasi pada bisnis dan teknik
  1. Komputer generasi ketiga ( 1964-1970 )
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun trasistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa menghilangkan masalah ini. Jack kilby seorang insinyur di Texas instrumen mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC) di tahun 1958 yang mengkombinasikan 3 komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan lainnya adalah penggunaan sistem operasi yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
Ciri-cirinya :
·         Komponen yang digunakan adalah IC
·         Peningkatan dari softwarenya
·         Proses lebih cepat
·         Kapasitas memori lebih besar
·         Penggunaan listrik lebih hemat
·         Bentuk fisik lebih kecil
·         Harga semakin murah
  1. Komputer generasi keempat ( 1970-1990 )
Setelah IC tujuan pengembangan menjadi lebih jelas yaitu mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat membuat Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer dalam sebuah chip yang sangat kecil. Pada pertengahan tahun 1970 an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini yang disebut minikomputer dijual denganpaket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer saat itu adalah program Word Processing dan Spreadsheet.
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari computer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi computer yang dapat dimasukkan ke dalam tas ( laptop ) atau bahkan computer yang dapat digenggam ( palmtop ). Pada masa sekarang kita mengenal perjalanan IBM Compatible dengan pemakaian CPU : IBM PC/ 486, Pentium II, Pentium III, dan Pentium IV. Juga kita kenal AMD K6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan computer generasi keempat.
Ciri-cirinya :
·         Menggunakan LSI
·         Dikembangkan komputer mikro yang menggunakan micro processor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer.
  1. Komputer generasi kelima ( Sejak 1990 an )
Banyak kemajuan dibidang disain computer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan computer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel yang akan menggantikan model non neuman. Model non neuman akan digantikan dengan system yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi. Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT ( Institute for new Computer Technology ) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.

No comments:

Post a Comment