Monday, 22 July 2013

Penggolongan Komputer



Bab I
Pendahuluan

1.1. Latar Belakang
Telah kita ketahui bahwa salah satu hasil perkembangan teknologi informasi dan komunikasi adalah teknologi komputer. Ada berbagai jenis komputer. Terdapat banyak tipe komputer yang sangat bervariasi dalam ukuran, biaya, daya kumputasi, dan tujuan penggunaannya. Dari sekian banyak komputer, komputer yang paling umum adalah Personal Computer, yang digunakan di sekolah-sekolah, kantor, rumah-rumah. Personal Computer merupakan bentuk paling umum dari komputer desktop. Lalu disisi lain, komputer desktop memiliki unit pengolahan dan penyimpanan, display visual dan unit output audio dan keyboard yang ditempatkan secara mudah di meja kantor atau rumah. Media penyimpanan tersebut berupa harddisk, CD-ROM, dan disket atau flashdisk. Dan yang baru-baru ini memasyarakat adalah komputer notebookportable yang merupakan versi ringkas dari personal komputer dengan semua komponennya terpaket dalam satu unit tunggal seukuran koper tipis. Untuk mengetahui berbagai jenis komputer yang lain, maka di dalam makalah ini kami akan membahas dan memaparkan berbagai jenis komputer di lihat dari berbagai aspek.

1.2. Tujuan

Makalah ini bertujuan agar para pembaca dapat mengetahui jenis-jenis komputer sehingga dapat menentukan jenis komputer yang diinginkan.

 

Bab II

Pembahasan

Penggolongan Komputer
Ada berbagai jenis komputer. Terdapat banyak tipe komputer yang sangat bervariasi dalam ukuran, biaya, daya kumputasi, dan tujuan penggunaannya. Dari sekian banyak komputer, komputer yang paling umum adalah Personal Computer, yang digunakan di sekolah-sekolah, kantor, rumah-rumah. Personal Computer merupakan bentuk paling umum dari komputer desktop. Lalu disisi lain, komputer desktop memiliki unit pengolahan dan penyimpanan, display visual dan unit output audio dan keyboard yang ditempatkan secara mudah di meja kantor atau rumah. Media penyimpanan tersebut berupa harddisk, CD-ROM, dan disket atau flashdisk. Dan yang baru-baru ini memasyarakat adalah komputer notebookportable yang merupakan versi ringkas dari personal komputer dengan semua komponennya terpaket dalam satu unit tunggal seukuran koper tipis.
Jenis-Jenis komputer oleh beberapa profesional diklasifikasi menjadi beberapa sudut pandang, ada yang menggolongkan berdasarkan data yang diolah, berdasarkan penggunaannya, berdasarkan ukuran, dan berdasarkan generasi.
Berdasarkan Data yang Diolah:
a.      Komputer analog
 Komputer yang mengolah data yang bersifat kualitatif dan kontinyu berdasarkan sinyal analog. Komputer ini biasanya digunakan untuk mempresentasikan suatu keadaan dan digunakan kegiatan ilmiah. Misalnya untuk thermometer (pengukur suhu), radar,voltase listrik, mengukur kekuatan cahaya, mengukur kecepatan suara, resistansi udara, pengukuran gempa dan lain-lain.
b. Komputer digital
Mesin komputer yang diciptakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif dalam bentuk angka, huruf, tanda baca dan lain-lain. Yang pemrosesnya dilaksanakan berdasarkan teknologi yang mengubah sinyal menjadi kombinasi bilangan 0 dan 1. Komputer ini biasanya digunakan pada aplikasi bisnis dan aplikasi teknik dan juga komputer PC (Personal Computer). Sinyal digital ini memiliki berbagai keistimewaan yang unik yang tidak dapat ditemukan pada teknologi analog, yaitu:
1. Mampu mengirimkan informasi dengan kecepatan cahaya yang dapat membuat informasi dapat dikirim dengan kecepatan tinggi.
2. Penggunaan yang berulang-ulang terhadap informasi tidak mempengaruhi kualitas dan kuantitas informasi itu sendiri.
3. Informasi dapat dengan mudah diproses dan dimodifikasi ke dalam berbagai bentuk.
4. Dapat memproses informasi dalam jumlah yang sangat besar dan mengirimnya secara interaktif.
c. Komputer hibrid
 Komputer jenis ini diperuntukkan untuk pengolahan data yang sifatnya baik kuantitatif maupun kualitatif, atau dengan istilah lain menggabungkan kemampuan digital dengan analog. Dengan perkataan lain data kuantitatif yang diolah menghasilkan data kualitatifnya dan sebaliknya. Jadi Komputer hibrid merupakan kombinasi antara komputer analog dan komputer digital. Biasanya digunakan untuk faximile.
Berdasarkan ukuran:
Klasifikasi Komputer Menurut Ukurannya merupakan pembagian jenis komputer dilihat dari sudut pandang bentuk dan ukuran fisik, dimana dibedakan atas 6 jenis, yaitu Tower (Menara), Desktop (Meja), Portable, Notebook, Subnotebook, dan Palmtop. Dan perlu diketahui bahwa komputer yang berukuran kecil tidak berarti kemampuannya juga kecil/lemah, malah bisa jadi sebaliknya.
Jenis-jenis Komputer Berdasarkan Bentuk dan Ukuran Fisik tersebut akan dijelaskan sebagai berikut:
a. Tower (menara)
Biasanya diletakkan disamping atau dibawah meja, karena ukurannya yang relatif besar, sehingga memenuhi meja. Komputer ini biasanya banyak memiliki ruang didalamnya dan banyak memiliki expansionslot(tempat untuk memasang card tambahan), sehingga bisa ditambahkan dengan berbagai perangkat tambahan.

b. Desktop (meja)
Komputer yang ukurannya sedikit lebih kecil dari Tower, tetapi biasanya diletakkan diatas meja. Komputer ini paling banyak dipakai karena harganya yang lebih murah bila dibandingkan dengan bentuk yang lain. Komputer yang banyak kita pakai sekarang ini adalah jenis desktop.
c.       Portable (mudah dibawa)
Komputer yang ukuran sedikit lebih kecil dari Desktop, karena bagian-bagiannya dapat dirangkai menjadi satu kotak saja, sehingga mudah dibawa kemana-mana. Komputer ini dulunya ditujukan bagi pemakai yang sering bertugas dilapangan, misalnya insinyur(sarjana sains), peneliti, dan sebagainya yang bertugas menyelesaikan suatu tempat tertentu atau peneliti yang mengumpulkan data dilokasi yang jauh dari kantornya. Komputer ini kurang populer karena relatif besar dan berat.
d. Notebook (buku catatan)
Komputer yang ukurannya sebesar buku catatan saja, dimana sekarang banyak dipakai pelajar, mahasiswa, dosen, pengusaha, peneliti, dan sebagainya. Notebook mempunyai ukuran yang hampir sama atau mirip dengan kertas kuarto,yaitu 8 ½ x 11 inci, tebalnya berkisar 1 hingga 1 ½ inci dan beratnya antara 4 sampai 6 kg.
d.      Sub-notebook
Komputer yang ukurannya ada diantara komputer notebook dan palmtop. Ukuran komputer ini sedikit lebih kecil dari notebook karena ada sebagian perangkat yang tidak dipasang, biasanya disk drive.
e.       Palmtop
Komputer yang dapat digenggam, karena ukurannya yang sangat kecil, kira-kira sedikit lebih kecil dibandingkan kaset video Beta. Komputer ini sering disebut handheld computer. Komputer ini tidak memerlukan aliran listrik, melainkan baterai kecil biasa (ukuran AA). Kelemahan dari komputer ini adalah layarnya yang terlalu kecil dan keyboardnya sedikit lebih kecil dari ukuran standar, sehingga menyulitkan pemakai.
Sedangkan sebagai tambahan adalah baik mengetahui Jenis-jenis Komputer Berdasarkan Processor Komputer, yang digolongkan menjadi:
1. Mainframe
Komputer yang processornya mempunyai kemampuan besar karena ditujukan untuk banyak pemakai.
2. Minikomputer
Bentuk mini dari komputer mainframe, kalau mainframe memiliki ribuan terminal komputer mini lebih terbatas hanya sampai puluhan dan mungkin ratusan terminal.
3. Personal Computer
Komputer yang ditujukan untuk satu pemakai dengan satupemakaian program aplikasi saat tertentu.
Berdasarkan kegunaan
a. Special Purpose Computer
 Komputer jenis ini hanya dapat menyelesaikan satu masalah saja, sehingga hanya program tertentu saja yang dimasukan ke dalam komputer ini. Special purpose computer banyak dikembangkan untuk pengontrolan otomatis pada proses-proses industri seperti misalnya pabrik kimia, penyulingan minyak, pabrik baja, untuk kasir pada supermarket serta untuk tujuan militer.
b. General purpose computer
 Komputer jenis ini dapat menyelesaikan berbagai macam masalah dapat mempergunakan program yang bermacam-macam untuk menyelesaikan jenis permasalahan yang berbeda. General purpose computer digunakan untuk aplikasi bisnis, teknik, pendidikan, pengolahan kata, permaina, termasuk Personal Computer.
Berdasarkan kemampuan
a. Small Scalle Computer
Komputer skala kecil atau kemampuan proses dalam jumlah kecil yang memiliki kapasitas antara 64 Kb sampai 8 Mb dan dapat menangani puluhan terminal komputer yang terpisah dari pusat komputer.
b. Medium Scalle Computer
Komputer untuk skala menengah yang memiliki kapasitas antara 512 Kb sampai 8 Mb dan dapat menangani ratusan terminal komputer yang terpisah dari pusat komputer.


1 comment: