Sunday 4 August 2013

Definisi Analitik, Definisi Genetik, Definisi dengan Rumus



1.      Definisi Analitik adalah definisi yang menyebutkan genus prosimum (keluarga terdekat) dan differensia spesikika (perbedaan spesifik).
Contoh:
a.       Persegi adalah persegi panjang yang semua sisinya sama panjang. Dalam hal ini, genus proksimum-nya adalah persegi panjang dan diferensia spesifika-nya adalah semua sisinya sama panjang.
b.      Persegi adalah segiempat yang keempat sisinya sama panjang dan keempat sudutnya sama besar, yaitu 90 .
c.       Persegi panjang adalah jajar genjang yang salah satu sudutnya adalah siku-siku.
d.      Jajar genjang adalah segiempat dengan sisi-sisi yang berhadapan sejajar dan sama panjang serta sudut-sudut yang berhadapan sama besar.
e.       Belah ketupat adalah segiempat yang keempat sisinya sama panjang.

2.      Definisi genetik adalah definisi yang menunjukkan terjadinya konsep itu.
Contoh:
a.       Jaring-jaring limas adalah bangun yang terjadi bila suatu limas dipotong menurut rusuk-rusuk tegaknya dan bidang-bidang sisi tegaknya direbahkan ke arah luar sampai ke bidang yang memuat bidang alasnya.
b.      Trapesium adalah segiempat yang terjadi jika sebuah segitiga dipotong oleh sebuah garis yang sejajar dengan salah satu sisi segitiga tersebut.
c.       Belahketupat adalah bangun segiempat yang dibentuk dari gabungan segitiga sama kaki dan bayangannya setelah dicerminkan terhadap alasnya.
d.      Layang-layang adalah siatu bangun datar segiempat yang dibentuk oleh dua buah segitiga sama kaki yang alasnya sama panjang dan berhimpit.
e.       Trapesium adalah segiempat yang terbentuk dari sebuah segitiga yang dipotong oleh salah satu garis yang sejajar dengan salah satu sisinya.

3.      Definisi dengan rumus adalah definisi yang dinyatakan dengan notasi-notasi matematik; jadi langsung menunjukkan rumus.

Contoh:
a. Definisi n faktorial = n! = (n-1)!
b. Keliling persegi panjang = 2(panjang + lebar)
c. Luas jajar genjang = alas x tinggi
d. Luas Belah ketupat = ½ (d1 x d2)
e. Luas layang-layang = ½ (d1 x d2)

No comments:

Post a Comment